Minggu , 24 September 2017
Home » Blogging » Cara Terbaru Install dan Setting Plugin SEO by Yoast 2017

Cara Terbaru Install dan Setting Plugin SEO by Yoast 2017

Cara Terbaru Install dan Setting Plugin SEO by Yoast 2016 – Setelah tanggal 27 juli 2016 kemaren blog ini resmi lahir ke dunia dengan self hosting, tentunya kurang rasanya tidak membuat artikel sepanjang perjalan ini blog, mulai dari beli hosting,  cara install wordpress di hosting, install plugin di self hosting, dan setting pluginnya.

Baca Juga : Cara Membagikan Postingan WordPress ke Facebook, Twitter, Dan Google+ Otomatis

Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan tutorial Cara Terbaru Install dan Setting Plugin SEO by Yoast 2016 tahap pertahap dan disertai gambar untuk bisa lebih gampang untuk memahaminya. Min Plugin SEO by Yoast itu apasih? Plugin SEO by Yoast adalah plugin WordPress untuk membantu mempercepat pengindeksan artikel di mata mesin pencari seperti Google, bing, dll. Dan tentunya plugin ini hanya bisa diinstall di WordPress self hosting. Ketika artikel ini diterbitkan plugin SEO Yoast sudah mencapai versi 3.4.

Sebenarnya WordPress sudah cukup SEO Friendly. Namun agar SEO WoordPress bisa bekerja lebih optimal, maka kita perlu menambahkan beberapa plugin. Diantaranya plugin WordPress SEO yang dibuat oleh Yoast, biar makin rame blog kita tentunya.

Cara Terbaru Install dan Setting Plugin SEO by Yoast 2016

Cara Install Plugin SEO by Yoast

Cara Install plugin SEO Yoast ada dua cara. Pertama bisa kita dapatkan plugin SEO by Yoast di web resminya lalu upload ke WordPress. Cara kedua bisa langsung dari menu Plugins > Add New. Pada kolom pencarian tambah plugin, silakan ketik dengan kata kunci “SEO by Yoast”. Jika sudah muncul, langsung saja Anda klik Instal Now.

Setelah install plugin sukses, langsung Anda aktifkan pluginnya, yaiyalah harus diaktifkan kalo gak cimane mau lanjut ini tutorial hahah. Maka akan otomatis di menu plugin WordPress akan bertambah satu buah plugin yang baru saja diinstall.

Cara Terbaru Setting Plugin SEO by Yoast 2016

Langkah pertama silahkan buka plugin “SEO” yang biasanya terletak dibawah menu “Setting”, maka pertama kita akan diarahkan ke “Dashboard”nya plugin ini.

Dashboard

Disini hanya terdapat beberapa tab pilihan, yakni : Dashboard, General, Your Info, Webmaster Tools, dan Security. Pada tab Dashboard tidak ada yang perlu kita setting, karna disini hanya menampilkan status dari plugin ini.

Dashboard dikatekno

Selanjutnya klik pada tab “General”, kita bisa mengembalikan setting plugin ini ke default, lewati saja langkah ini, dan klik save.

General dikatekno

Selanjutnya kli pada tab “Your Info”, silahkan isi “Website name” dengan nama blog anda, lebih jelasnya lihat gambar dibawah, dan klik save.your info dikatekno

Selanjutnya klik tab “webmaster Tools”, silahkan masukkan kode verifikasi bing dan google, dan klik save.

Baca Juga : Cara Daftar dan Verivikasi WordPress ke Google Web Master

Untuk tab “Security”, admin memilih “Disable” dan klik save. Sampai disini kita sudah selesai setting “Dashboard”, selanjutnya pilih “Titles & Metas” di subkategori.

Titles & Metas

Pada tab ini terdapat beberapa tab pilihan, yakni : General, Homepage, Post Types, Taxonomies, Archiver dan Other. Pada tab “General”, silahkan sesuaikan settingannya pada gambar dibawah ini, lalu klik save.

Titles & metas dikatekno

Pada tab “Homepage”, pilih “editing the front page itself”.

Homepage dikatekno

Di blog admin menggunakan static page untuk front page/homenya, silahkan sesuaikan dengan blog anda. Silahkan scrool kebawah sampai muncul seperti gambar dibawah. Disini kita akan setting tampilan untuk snippet blog kita search engine google.

editing dikatekno

Berikut tampilan atau settingan saat “edit snippet” di klik di gambar pertama. Perhatikan indikatornyo harus tetap hijau Wajib. Setelah semuanya selesai jangan lupa update/save.

Edited snippet dika tekno

Selanjutnya klik pada tab “Post Types”, silahkan sesuaikan settingannya pada gambar dibawah ini, disini ada beberapa sub harus ditetting, sesuaikan saja. Kalo udah selesai klik save.

post dikatekno

pages dikatekno

Media dikatekno

Selanjutnya klik pada tab “Taxonomies”, silahkan sesuaikan settingannya pada gambar dibawah ini, lalu klik save.

Taxonomies dikatekno

tags dikatekno

Selanjutnya klik pada tab “Archiver “, silahkan sesuaikan settingannya pada gambar dibawah ini, lalu klik save.

Archives dikatekno

date arhives dikateo

Untuk special pages biarkan saja. Pada tab “Other”, tidak ada yang dirubah, lalu klik save.

Social

Kita lanjut ke submenu Sosial. Di submenu Sosial terdapat tiga tab, yaitu Facebook, Twitter, dan Google+. Silakan Anda sesuaikan dengan data-data dan URL dari masing-masing Sosial Media yang Anda miliki. lalu klik save

social dikatekno

Pada tab “XML Sitemaps” admin mendisablenya karena performanya kurang bagus, disini admin menggunkan plugin “google sitemap generator”.

Advanced

Di sub menu ini kita akan setting Breadcrums, Permalinks, dan RSS. Disini kita cukup setting Breadcums, yang lainnya biarkan saja apa adanya, lalu klik save.

Advance dikatekno

Horeee hup hup hura akhirnya selesai juga artikel ini. Semoga dengan mengaktifkan plugin SEO buatan Yoast ini, WordPress Anda menjadi web terbagus dimata mesin pencari sehingga semua artikel bisa mendominasi di halaman top 10 Google. Amiinn

Kalau seandainya ada kurang paham jngan sungkan-sungkan untuk meninggalkan komentar. Untuk menghubungi admin silahkan pilih halaman contack.

Apa Komentar Anda ?

12 Komentar di "Cara Terbaru Install dan Setting Plugin SEO by Yoast 2017"

Notify of
avatar
trackback

[…] Baca Juga : Cara Terbaru Install dan Setting Plugin SEO by Yoast 2016 […]

Aneka Tekno
Guest

Mau tanya itu setingan yoast versi berapa? kenapa beda ya sama yoast saya yg bagian homepagne tidak ada pengaturan editing the front page itself ? Mohon bantuannya, soalnya hompage saya tidak terindex setelah saya kotak-katik, kemarin sempat terindex tetapi diskripsi di search engine malah isi beberapa artikel.

trackback

[…] Baca Juga : Cara Terbaru Install dan Setting Plugin SEO by Yoast 2016 […]

trackback

[…] Baca Juga : Cara Terbaru Install dan Setting Plugin SEO by Yoast 2016 […]

Said
Guest
Said

Gan, cara buat link biar tampil kaya gitu di sela artikel gimana ya? Link : baca juga: cara membagikan postingan wordpres …..

trackback

[…] Cara Terbaru Install dan Setting Plugin SEO by Yoast 2016 […]

wpDiscuz
close