Kelebihan dan Kekurangan Pinjaman Online

Mengambil pinjaman online menjadi salah satu solusi masyarakat zaman sekarang untuk melakukan berbagai transaksi.

Kelebihan dan Kekurangan Pinjaman Online

Namun ada beberapa kelebihan kekurangan pinjaman online yang harus diketahui.

Kelebihan Menggunakan Pinjaman Online

Banyak kelebihan ketika Anda memilih melakukan pinjaman online di aplikasi pinjaman online, antara lain sebagai berikut:

Syaratnya Mudah

Kelebihan yang pertama adalah syaratnya yang sangat mudah. Ya, Anda tidak perlu menyiapkan berbagai jenis dokumen apalagi harus membuat salinannya dengan cara fotokopi.

Anda hanya memerlukan kartu identitas saja yaitu KTP, atau beberapa di antaranya mewajibkan untuk menggunakan NPWP khususnya yang dari Bank konvensional.

Bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja

Kelebihan yang kedua adalah pinjaman bisa Anda dapatkan di mana saja dan kapan saja. Ya, di mana ada jaringan internet maka Anda bisa melakukannya di mana saja dan kapan saja baik di rumah, di kantor, dan lainnya.

Bahkan ada fintech yang menyediakan layanan 24 jam sehingga Anda bisa melakukannya bahkan pada dini hari sehingga saat dibutuhkan selalu ada.

Cepat Cair

Dengan meminjam secara online, Anda bisa segera mencairkannya. Selama data diri Anda telah disetujui maka dana juga akan segera cair sehingga bisa Anda gunakan untuk melakukan transaksi tanpa menunggu waktu yang lama.

Banyak yang Sudah Berada di Bawah OJK

Kelebihan selanjutnya, berbagai fintech ini sebagian besar sudah berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga sangat aman dan juga berbadan hukum yang jelas.

Kekurangan Menggunakan Pinjaman Online

Dimana ada kelebihan tentunya ada kekurangan. Hal ini juga harus menjadi pertimbangan bagi Anda, seperti:

Nilainya Tidak Begitu Besar

Kebanyakan fintech khususnya yang sudah bekerja sama dengan beberapa instansi maka nilai pinjamannya tidak terlalu besar. Umumnya Anda hanya akan mendapatkan jumlah yang kurang dari Rp5 juta, bahkan hanya dalam hitungan ratusan ribu saja.

Kebanyakan Tidak Bisa Ditunaikan

Kekurangan yang selanjutnya adalah kebanyakan tidak bisa ditunaikan. Maksudnya, Anda hanya mendapatkan pinjaman dalam bentuk angka dalam aplikasi saja.

Nilai tersebut hanya bisa digunakan pada merchant tertentu dengan sistem non tunai sehingga penggunaannya sangat terbatas.

Cara Mengajukan Pinjaman Online

Lalu, bagaimana cara mengajukan pinjaman online tersebut? Anda hanya perlu memilih salah satu jenis fintech, melakukan pendaftaran dengan kartu identitas, menunggu hingga disetujui, dan uang tersebut dapat Anda gunakan untuk berbagai transaksi.

Penutup

Di atas merupakan beberapa penjelasan kelebihan kekurangan pinjaman online untuk memenuhi berbagai jenis kebutuhan Anda. Sebenarnya, asal Anda bisa menggunakan pinjaman online dengan bijak, kekurangan tersebut pastinya dapat diminimalisir. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk Anda yang membutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close