close

10+ Aplikasi Pinjaman Online Teraman 2022

Perkembangan teknologi di segala bidang kehidupan manusia modern saat ini membuat segalanya menjadi mungkin. Salah satunya adalah hadirnya teknologi aplikasi pinjaman online yang membawa kemudahan pada bidang finansial.

Akan tetapi tak semua aplikasi meminjam uang secara online tersebut dapat dipercaya kredibilitasnya. Karena telah banyak kasus dimana aplikasi peminjaman uang online tersebut hanya dibuat kedok untuk melakukan penipuan dengan jeratan berupa suku bunga yang tinggi.

Oleh karena itu, agar tak jatuh pada jurang yang sama, selalu pastikan jika aplikasi pinjaman online yang Anda pergunakan telah tercatat pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sebagai panduan, berikut daftar aplikasi peminjaman dana online yang sudah terbukti legalitasnya.

1. Aplikasi Kredivo

Aplikasi pinjaman online yang termasuk dalam rekomendasi adalah Kredivo. Kartu kredit online ini dapat Anda fungsikan juga sebagai kartu belanja di berbagai merchant e-Commerce yang telah memiliki kerjasama dengan pihak Kredivo.

Demi kenyamanan penggunanya, pihak Kredivo pun menyediakan berbagai variasi masa cicilan, yaitu mulai dari 3 bulan, 6 bulan, atau 12 bulan. Untuk suku bunga yang akan menjadi kewajiban peminjam hanya sebesar 2,95%.

Apabila Anda berminat, cara melakukan pendaftaran Kredivo sangat mudah dan tanpa ribet karena dapat menggunakan HP. Namun meski cara daftar Kredivo mudah, tak perlu khawatir akan keamanannya, karena sistem keamanannya telah setara dengan sistem keamanan Bank.

Pembayaran suatu produk dengan Kredivo yang memiliki harga tinggi juga tak perlu lagi menggunakan DP. Nantinya semua nilai kewajiban akan langsung bisa disesuaikan antara lama masa angsuran dengan besaran limit pinjaman.

Secara umum besaran nominal kredit di Kredivo berkisar antara Rp1,5 juta hingga Rp 30 juta. Untuk lama waktu pinjaman adalah antara 1 hingga 12 bulan, dengan beban bunga yang harus ditanggung peminjam adalah 0 persen hingga 2,9 persen pada tiap bulannya. 

2. Aplikasi Danamas

Aplikasi pinjaman online yang terbukti aman serta telah terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan adalah Danamas. Danamas sendiri merupakan sebuah perusahaan peminjaman berbentuk P2P yang ada di bawah naungan perusahaan keuangan Sinarmas Financial Service. 

Bagi Anda yang belum paham, P2P lending adalah sebuah metode untuk proses pinjam meminjam uang. Dimana mata uang yang digunakan dalam kegiatan ini adalah mata uang rupiah di tanah air. 

Metode ini memungkinkan kreditur yang merupakan pemberi pinjaman dapat terhubung secara langsung dengan debitur sebagai penerima pinjaman.

Demi keamanan dan kenyamanan kedua pihak, ada syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan pinjaman online dari Danamas, antara lain:

  • Merupakan warga negara Indonesia yang telah berumur minimal 24.
  • Telah memiliki rekening aktif di bank Sinarmas.
  • Menunjukkan kartu identitas yang masih berlaku.
  • Mempunyai bisnis yang sedang dikelola untuk dikembangkan

Untuk limit pinjaman dari Danamas adalah Rp7.500.000, sedangkan lama waktu angsuran hingga 3 bulan dengan nilai bunga yang kompetitif.

3. Aplikasi Kredit Pintar

Berikutnya ada Kredit Pintar yang merupakan aplikasi pinjaman online dari badan usaha PT. Kredit Pintar Indonesia. Layanan pinjaman online dari Kredit Pintar ini telah ada sejak tahun 2018 yang lalu.

Sebagai penyedia layanan pinjaman uang online yang resmi, Kredit Pintar telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan Indonesia. Jika Anda ingin mengajukan pinjaman ke Kredit Pintar, maka tak perlu khawatir karena proses pengajuannya sangat cepat.

Selain itu syarat pengajuan juga sangat mudah, yaitu hanya menggunakan E-KTP. Berikut variasi jumlah pinjaman di Kredit Pintar berikut jangka waktu angsurannya:

  1. Pinjaman Rp 2.300.000, lama angsuran (tenor) = 3 bulan.
  2. Pinjaman Rp 6.000.000, lama angsuran atau tenor = 6 bulan.
  3. Pinjaman sejumlah Rp 10.000.000, lama angsuran (tenor) = 12 bulan.

Nantinya jika masa pengembalian pinjaman Anda selalu tepat waktu, maka akan dapat meningkatkan skor kredit. Dengan skor kredit tersebut maka Anda akan dimungkinkan untuk mendapatkan pinjaman tanpa jaminan, mulai dari 5 juta, 10 juta, atau 20 juta rupiah.

4. Aplikasi Indodana

Selanjutnya ada aplikasi pinjaman online yang bernama Indodana. Merupakan platform pendanaan fintech milik PT. Artha Dana Teknologi, Indodana ini telah berdiri sejak bulan November tahun 2017.

Indodana berhasil mengantongi izin operasi sebagai aplikasi layanan pinjaman online dari Otoritas Jasa keuangan pada bulan Mei 2020. Jenis layanan pinjaman yang disediakan antara lain adalah angsuran pembelian HP, pinjaman tanpa kartu kredit serta pembayaran PayLater.

Karena cara daftar pinjaman online Indodana dapat melalui HP, maka syarat pengajuan pinjaman hanya membutuhkan 3 hal, yaitu:

  • E – KTP yang menjadi kartu identitas resmi.
  • Nomor Wajib pajak atau NPWP.
  • Nama akun pada Internet Banking atau tanda kepesertaan BPJS. 

Jumlah pinjaman yang tersedia di Indodana sangat beragam, hingga mencapai total pinjaman senilai 12 juta. Lama waktu peminjaman dapat berkisar sampai 9 bulan. Sistem keamanan di Indodana juga kredibel sehingga Anda tak perlu khawatir berbagai data pribadi akan bocor.

Sebagai informasi tambahan, Indodana juga menyediakan reward bagi para peminjam yang selalu melakukan pembayaran angsurannya secara tepat waktu. Reward tersebut dapat Anda cairkan nanti pada saat masa pinjaman berakhir. 

5. Aplikasi Maucash

Maucash adalah rekomendasi aplikasi pinjaman online yang juga telah terdaftar secara resmi pada Otoritas Jasa Keuangan pemerintah Indonesia. Maucash merupakan anak perusahaan dari PT. Astra International TBK yang melakukan kerjasama finansial dengan WeLab.

WeLab sendiri merupakan sebuah perusahaan teknologi finansial terdepan yang berada di Hong Kong. Kategori teknologi finansial yang ada pada Maucash adalah jenis peminjaman peer to peer lending.

Selain telah mengantongi izin OJK, Maucash juga telah berhasil mendapatkan sertifikat ISO 27001. Tentu saja hal ini menjadikan Maucash merupakan perusahaan finansial teknologi yang terjamin aman serta terpercaya.

Terdapat dua jenis produk andalan yang dapat Anda manfaatkan pada Maucash. Yang pertama adalah jenis pinjaman tunai dan yang kedua adalah jenis pinjaman PayLater yang bernama MauPayLater. 

Untuk besaran pinjaman pada jenis pinjaman tunai limit maksimal yang tersedia pada Maucash adalah sebesar Rp15.000.000. Jumlah tersebut memiliki masa peminjaman sampai 18 bulan.

Untuk jenis pinjaman MauPayLater limit pinjamannya maksimal juga sampai Rp15.000.000. Jenis pinjaman ini dapat Anda gunakan berbagai keperluan seperti pembelian pulsa, pembayaran cicilan dan atau tagihan yang menggunakan aplikasi AstraPay.

6. Aplikasi AkuLaku

Aplikasi pinjaman online yang keenam adalah aplikasi kartu kredit berbentuk digital yang bernama AkuLaku. Sistem kerja pinjaman online AkuLaku adalah menyediakan pembayaran cicilan bagi pengguna aplikasi yang berbelanja pada merchant yang telah bekerja sama.

Hampir sama dengan berbagai jenis aplikasi pinjaman online lainnya, AkuLaku juga menerapkan syarat pendaftaran yang sangat mudah bagi siapa saja yang berminat. Cara pengajuan kredit online AkuLaku melalui tahapan langkah berikut:

  • Lakukan pengunduhan dan pemasangan aplikasi.
  • Lakukan pendaftara pada aplikasi dengan mengunduh salinan identitas resmi yang berlaku plus kartu tanda karyawan pada perusahaan tempat calon peminjam bekerja.
  • Setelah proses verifikasi selesai, maka Anda pun mulai dapat mengajukan pinjaman secara online ataupun melakukan pembelian dengan metode pembayaran angsuran.

Berbagai merchant e-commerce yang telah bekerja sama dengan AkuLaku antara lain adalah Bukalapak, BliBli.Com, Tokopedia, Shopee dan masih banyak lagi lainnya. 

Namun apabila Anda akan melakukan pembayaran cicilan tanpa memakai kartu kredit, maka akan ada kewajiban pembayaran DP sebesar hingga 15% terlebih dahulu. Untuk limit pinjaman AkuLaku adalah maksimal Rp 20 juta.

Untuk jumlah pinjaman Rp 20 juta tersebut biaya bunga per bulannya berkisar antara 1 persen hingga 40 persen. Sedangkan periode masa angsuran adalah antara 1 sampai 15 bulan.

7. Aplikasi Home Credit

Aplikasi pinjaman online yang ketujuh adalah aplikasi Home Credit. Dengan aplikasi ini maka Anda akan dapat melakukan pembayaran suatu barang dengan menggunakan sistem pembayaran angsuran tanpa menggunakan kartu kredit.

Memiliki suku bunga kecil, yaitu 0% pada setiap bulannya, aplikasi Home Credit dapat Anda manfaatkan sebagai alternatif jalan keluar finansial. Syarat untuk pengajuan pembayaran cicilan menggunakan aplikasi Home Credit cukup mudah, yaitu:

  • Identitas diri resmi yang masih berlaku berupa E – KTP.
  • KK atau Kartu Keluarga.
  • Buku tabungan di Bank.
  • Kartu identitas lainnya seperti SIM atau passport.

Nantinya setelah semua proses registrasi dan verifikasi selesai, maka Anda akan dapat mulai berbelanja pada berbagai merchant yang terdaftar. Masa tenor pada aplikasi Home Credit berkisar antara 10 hingga 18 bulan, dengan nominal maksimalnya adalah Rp 20 juta.

8. Aplikasi Rupiah Cepat

Aplikasi pinjaman online yang yang selanjutnya adalah aplikasi Rupiah Cepat. Aplikasi Rupiah Cepat ini merupakan sebuah perusahaan teknologi finansial di bawah naungan PT. Kredit Utama Fintech Indonesia atau yang biasa disingkat KUFI.

Sebagai perusahaan finansial teknologi, PT KUFI telah menggunakan teknologi dengan sistem big data. Pad jenis sistem ini digunakan berbagai teknologi modern seperti artificial intelligence atau kecerdasan buatan, pembelajaran mesin dan berbagai teknologi terdepan lainnya.

Dengan sistem pengoperasian yang 100% online, maka sebagian besar transaksi yang terjadi menggunakan perangkat seluler atau secara online. Jadi mulai dari pendaftaran, pengajuan pinjaman hingga penerimaan persetujuan semua dilakukan secara online.

Nantinya pinjaman yang telah berhasil cair akan masuk ke dalam rekening bank milik sang peminjam. Berikutnya peminjam akan dapat melakukan penarikan dana pinjaman tersebut secara tunai.

9. Aplikasi JULO

Berikutnya ada Julo yang merupakan salah satu aplikasi pinjaman online yang juga memiliki izin operasi resmi dari pemerintah Indonesia. Hal tersebut karena aplikasi Julo telah terdaftar secara resmi pada Otoritas Jasa Keuangan Indonesia.

Sistem pencairan dana pinjaman pada aplikasi pinjaman online Julo juga tanpa ribet serta dapat langsung cair. Untuk limit maksimal dari pinjaman di Julo adalah Rp15 juta dengan syarat sebagai berikut:

  • Memiliki pendapatan tiap bulan paling sedikit Rp 2 juta.
  • Calon peminjam memiliki rentang usia antara 21 hingga 60 tahun.
  • Melakukan pengunduhan serta pemasangan aplikasi Julo pada HP pribadi.
  • Melakukan proses registrasi serta verifikasi.
  • Menyertakan beberapa identitas diri sebagaimana syarat yang ada.

Kisaran nominal pinjaman pada aplikasi Julo adalah Rp 500 ribu hingga Rp 15 juta. Untuk masa tenor antara 3 bulan sampai maksimal 9 bulan, dengan beban biaya bunga setiap bulannya adalah 4% hingga 7%. 

10. Aplikasi RupiahCepat

Berikutnya ada aplikasi pinjaman online yang bertajuk RupiahCepat yang memiliki beban biaya bunga yang cukup rendah, yaitu 24% per tahun. Aplikasi pinjaman online RupiahCepat ini dapat Anda manfaatkan sebagai alternatif finansial pada saat membutuhkan dana lebih.

Aplikasi RupiahCepat memiliki kemudahan serta proses yang cepat pada saat Anda melakukan pengajuan kredit secara online. Semua proses dapat melalui sistem online lewat perangkat seluler milik masing-masing calon peminjam.

Berikut beberapa persyaratan yang harus terpenuhi oleh calon peminjam RupiahCepat:

  • Telah berusia minimal 22 tahun ke atas.
  • Memiliki nomor seluler HP pribadi.
  • Memiliki sumber penghasilan yang jelas serta stabil. 
  • Menyertakan jenis tanda pengenal resmi berupa E – KTP. 

Kisaran angka transaksi yang dapat Anda ajukan pada aplikasi ini adalah mulai dari Rp 400 ribu hingga Rp 5 juta. Masa tenor atau masa pelunasan pinjaman adalah 3 bulan sampai maksimal paling lama 12 bulan.

11. Aplikasi DanaBijak

Rekomendasi aplikasi pinjaman online yang paling akhir adalah aplikasi DanaBijak. Aplikasi DanaBijak ini akan sangat pas bagi Anda yang sedang membutuhkan dana pinjaman kecil, karena pengajuan pinjaman pada awal masa hanya berkisar maksimal Rp 3 juta.

Beberapa persyaratan yang harus terpenuhi oleh calon peminjam dana antara lain adalah sebagai berikut:

  • Menyediakan kartu tanda pengenal resmi yaitu E – KTP dalam bentuk file.
  • Menyertakan bukti rekening tabungan pribadi selama 3 bulan yang paling akhir.
  • Melakukan pengunduhan serta pemasangan aplikasi.
  • Memiliki nomor seluler aktif.
  • Melakukan proses daftar serta lolos proses verifikasi

Nantinya setelah proses verifikasinya lolos, maka calon peminjam dapat langsung mengajukan pinjaman secara online. Setelah itu semua dana akan segera cair kurang lebih 48 jam setelah proses persetujuan turun.

Jangan khawatir meski nama aplikasi ini jarang terdengar, karena aplikasi DanaBijak ini telah resmi terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan. Untuk masa peminjaman, Dana Bijak memiliki tenor antara Tenor 7 hari hingga 30 hari, dengan beban biaya bunga sebesar 7% tiap bulan.

Penutup

Demikianlah daftar aplikasi pinjaman online yang teraman serta terpercaya. Ingat gunakan dengan bijaksana dan hati-hati ya!

About Andika

Seorang WordPress Developer di Agensi Digital Marketing. Aktif menulis dan ngeblog sejak tahun 2016. Suka menulis yang berbau teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *