Kupas Tuntas Tentang Paylater, Salah Satu Aplikasi Pinjaman Online!

Pernahkan Anda mendengar layanan bayar belanjaan dengan cicilan tanpa kartu kredit yang kerap disebut dengan Paylater.

Ini adalah salah satu aplikasi pinjaman online khusus yang biasanya diselenggarakan oleh pihak e-commerce. Saat ini layanan bayar nanti atau paylater, memang cukup diminati, lantaran sangat memudahkan para konsumen memenuhi berbagai macam kebutuhan dalam waktu singkat.

Aplikasi Pinjaman Online

Selain itu, persyaratannya juga terbilang mudah, dibanding ketika seseorang mengajukan aplikasi kartu kredit.

Apa itu Paylater

Adapun aplikasi pinjaman online yang disebut dengan Paylater ini sendiri adalah layanan pinjaman online, tanpa kartu kredit. Yang memungkinkan para konsumen membayar suatu transaksi di kemudian hari, baik dalam sekali bayar, atau dengan cara mencicil.

Adapun fasilitas pinjaman seperti ini, sering juga disebut dengan istilah Credit limit. Atau lebih sederhananya, terutama dilihat dari nama layanan tersebut, “Paylater” atau “bayar belakangan”, atau bisa juga diartikan sebagai “bayar nanti”, adalah sebuah fasilitas pembayaran yang dapat dilunasi di kemudian hari.

Layanan yang satu ini, sengaja diberikan, bagi Anda atau seseorang yang ingin membeli produk atau juga jasa, namun tidak dapat membayar secara tunai, atau saat itu juga.

Berbeda dengan aplikasi fintech P2P lending, yang menyediakan pinjaman dalam bentuk uang tunai. Maka Paylater, hanya menyediakan pinjaman dalam bentuk pembayaran suatu jasa atau juga barang, dan tidak dengan cara menggesek kartu atau yang lainnya.

Cara menggunakan Paylater

Untuk menggunakan aplikasi pinjaman online, seperti laylater ini sendiri tidak terlalu sulit. Mulai dari proses pengajuan hingga proses penggunaan.

Download dan buka aplikasi, lalu cari paylater

Hal pertama yang tentunya harus Anda lakukan adalah mencari salah satu e-commerce yang dibutuhkan untuk mengajukan paylater.

Misalnya saja Anda akan belanja di Tokopedia, maka untuk mendapatkan Paylater dari Tokopedia, Anda harus download dan bukan aplikasi Tokopedia. Berikutnya cari aplikasi paylater, lalu daftar tokopedia Paylater.

Lengkapi data atau informasi yang dibutuhkan

Setelah menemukan aplikasi yang dimaksud, berikutnya adalah melengkapi data diri yang dibutuhkan. Mulai dari nama, alamat, dan yang lainnya.

Beberapa penyelenggara ada yang menanyakan data diri, ada juga yang tidak. Seperti ketika Anda daftar Shopee Paylater misalnya, karena ketika mengajukan, orang tersebut, harus sudah terdaftar dan terverifikasi di akun Shopee, atau bahkan sudah mempunyai dan sering melakukan transaksi di akun tersebut.

Lengkapi juga dokumen pendukung, seperti KTP, dll.

Selain melengkapi berbagai macam data yang dibutuhkan, Anda juga perlu melengkapinya dengan berbagai macam dokumen resmi, mulai dari Foto KTP atau bisa juga SIM, dan yang lainnya.

Kelengkapan dokumen ini penting dan pastinya ada di hampir semua e-commerce, termasuk ketika Anda daftar Linkaja Paylater.

Menunggu verifikasi

Setelah proses pendaftaran selesai, berikutnya adalah menunggu proses Verifikasi Lazada Paylater selesai. Proses verifikasi ini sendiri juga tidak terlalu sulit, apalagi membutuhkan waktu yang lama. Hanya sekitar kurang lebih 1 jam, maka proses verifikasi selesai sudah.

Dapat menggunakan paylater,

Apabila proses verifikasi dinyatakan selesai, maka Anda akan masuk ke halaman awal, dimana Anda akan diminta untuk melakukan login masuk ke bagian password, dan yang lainnya.

Kali ini cek ke bagian Paylater, atau menu. Biasanya akan ada pengumuman tertentu untuk pengguna.

Limit pinjaman

Yang perlu diingat ketika anda akan berbelanja menggunakan layanan paylater ini, bahwa batas limit yang diberikan oleh masing-masing penyedia jasa berbeda-beda.

Ada yang tinggi dan ada yang rendah. Rendah mulai dari 750 ribuan rupiah, hingga ada yang jumlah minimal pinjaman sekitar 1 jutaan rupiah.

Menaikkan Limit Paylater

Apabila Anda ingin menaikkan limit Spaylater, tidak terlalu sulit. Semakin sering berbelanja, dan semakin rutin proses pembayaran. Maka secara otomatis kepercayaan pihak fitech, atau penyelenggara keuangan yang menyediakan layanan tersebut, akan menaikkan limit Paylater yang akan diberikan.

Memilih waktu cicilan

Selain memperhatikan tentang besarnya limit yang diberikan, Anda yang mendapatkan pinjaman dari Shopeepinjam juga sebaiknya memperhatikan tentang tenggang waktu cicilan yang diberikan.

Ada yang hanya sekitar 3 bulan ada juga yang lebih. Sesuaikan besaran cicilan dengan keuangan yang Anda miliki setiap bulannya.

Menggunakannya sebagai pembayaran

Yang tidak kalah penting adalah, sebaiknya gunakan pinjaman yang dilakukan secara bijak, dan jangan digunakan untuk hal-hal yang dianggap kurang perlu. Selain itu, pastikan Anda sanggup mencicil aneka macam produk yang dibeli secara mencicil tersebut.

Kelebihan dan kekurangan Paylater

Setiap produk pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Berikut ini adalah beberapa kelebihan kekurangan pinjaman online yang bernama Paylater tersebut. Mulai dari kelebihan dari Paylater :

  • Dibanding dengan pengajuan kartu kredit atau yang lainnya, pengajuan pada sistem pembayaran online paylater ini terbilang sangat mudah.
  • Saat ini penggunaan paylater ini dapat digunakan untuk berbagai macam transaksi pembayaran, baik secara online maupun offline. Seperti bayar Goride/Gofood dengan Gojek Paylater, bayar tagihan listrik, bayar belanjaan dan yang lainnya.
  • Selain dapat membayar secara langsung, kelebihan lainnya adalah bayar tagihan dengan cicilan. Pelunasan ini sendiri, dapat dilakukan dengan beberapa kali, 2 atau bahkan 12 kali cicilan.
  • Selain itu, kelebihan lainnya, menggunakan sistem pembayaran seperti ini adalah ada banyak promo menarik yang pastinya menguntungkan Anda.
  • Selain kelebihan, pasti ada juga kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kekurangan yang dimiliki oleh aplikasi pembayaran yang satu ini ;
  • Kebanyakan para penyedia jasa kurang transparan atau biaya bunga pinjaman yang diberikan.
  • Yang perlu diingat, ketika menggunakan paylater, Anda harus membayar cicilan secara tepat waktu. Jika mangkir, maka cicilannya akan membengkak. Hal ini kurang lebih sama dengan pinjaman pada penyedia pinjaman lainnya, seperti bank, kartu kredit dan yang lainnya.
  • Perhatikan juga denda yang diberikan, jangan sampai Anda terkena denda, apalah denda yang diberikan terakumulasi. Secara tidak langsung hal ini akan membuat tungkakan jadi lebih besar, dan pastinya berimbas pada keuangan Anda.
  • Tidak hanya berimbas pada keuangan Anda. Hal ini juga akan mempengaruhi skor kredit yang dimiliki. Umumnya sistem kredit seperti ini akan terhubung langsung dengan instansi perbankan. Jika Anda mempunyai nilai buruk dalam hal kredit, maka biasanya ketika Anda akan mengajukan kredit akan dipersulit. Atau bahkan tidak disetujui.
  • Adanya layanan seperti ini, sedikit banyak membuat Anda jadi lebih boros. Jadi untuk Anda yang suka berbelanja, sebaiknya berhati-hati dan bijak dalam memilih pinjaman.

Pada dasarnya aplikasi pinjaman online ini menguntungkan, jika digunakan secara tepat. Sebaliknya, ketika digunakan secara kurang bijak, maka hasilnya akan merugikan, tidak hanya hutang yang menumpuk, nilai kredit Anda pun akan berkurang.

Lain jika Anda menggunakannya untuk hal-hal bijak. Maka berbagai kebutuhan akan terpenuhi dengan baik, dan pastinya tidak akan mengganggu keuangan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close