Cara Mengganti Jam di Lock Screen Android 12

Setelah berbulan-bulan menunggu, Google akhirnya merilis Android 12 untuk deretan smartphone Pixel-nya dan jika kamu memiliki Google Pixel 3 atau model yang lebih baru, kamu bisa segera meningkatkan ke versi OS terbaru Android ini.

Seperti yang mungkin telah kamu lihat dari penguji beta dalam beberapa bulan terakhir, versi Android terbaru membawa perubahan desain yang besar pada tampilan dan nuansa OS pada perangkat Pixel.

Mengganti Jam Lock Screen di Android 12

Jika ini pertama kalinya kamu menggunakan Android 12 di ponsel Pixel, ada satu hal yang tidak boleh kamu lewatkan yaitu jam digital yang sekarang kelihatan lebih besar (ugh?) daripada yang pernah ada di Lock Screen. Jika kamu bukan penggemar desain jam baru ini, maka posting ini akan membantu kamu untuk memodifikasinya jam Lock Screen di Android 12.

Android 12: Apa yang berubah pada jam di lock screen?

Pertama-tama mari kita bahas gajah di dalam ruangan – modul jam besar di layar kunci dan layar selalu aktif. Jam digital di Layar Kunci sangat besar dan sekarang menampilkan angka jam dan menit dalam dua baris horizontal yang berbeda.

Jam Lock Screen Android 12

Font-nya sekarang berukuran lebih besar dan juga lebih tebal dari rekan Android 11 dan sekarang mengikuti aksen wallpaper yang kamu pilih saat memilih latar belakang di Android 12. Meskipun banyak penekanan telah diberikan pada waktu, masih ada beberapa info lagi di kiri atas sudut layar kunci dengan baris kecil masing-masing untuk tanggal & hari, cuaca, dan pengingat kalender (jika tersedia).

Tata letak tetap sama saat tampilan selalu aktif (AOD) masuk. Satu-satunya perubahan yang terlihat adalah font jam digital sekarang lebih tipis daripada yang ada di layar kunci dan berwarna putih seperti yang kamu harapkan pada AOD layar. kamu masih melihat info tanggal dan cuaca di kiri atas tetapi sekarang, kamu juga akan melihat persentase baterai di bagian bawah, seperti yang kamu lakukan di Android 11.

Jam Lock Screen di Android 12

Tetapi mengapa Google mengubah layar kunci/jam AOD? Ada alasan sederhana mengapa. Ponsel Pixel selalu menampilkan info waktu, tanggal, dan cuaca kapan saja sehingga kamu dapat melihat ke bawah pada perangkat dan mendapatkan semua informasi ini.

Dengan Android 12, Google mengurangi upaya kamu dengan menunjukkan jam yang lebih besar, sehingga memberi tahu kamu waktu tanpa perlu menatap ponsel kamu. Karena jam ini menyusut ke ukuran yang lebih kecil saat notifikasi masuk, kamu akan segera tahu kapan ada perubahan yang tertunda di ponsel kamu.

Meskipun rencana Google untuk jam layar kunci yang lebih besar mungkin karena alasan yang baik, tidak semua dari kamu mungkin menghargai perubahan ini. Bagi kamu yang lebih menyukai pengaturan minimalis, jam ukuran besar di AOD/Lock Screen bisa jadi cukup mengganggu untuk ditonton. Tetapi bisakah kamu mengubah jam atau ukurannya di Android 12? Baca lebih lanjut di bawah posting ini untuk mempelajari lebih lanjut.

Apakah mungkin mengganti jam di Lock Screen Android 12?

Jawabannya adalah TIDAK sederhana! Tidak ada cara resmi untuk mengubah jam Layar Kunci kamu di Android 12, setidaknya di jajaran Pixel Google (perangkat dari OEM lain mungkin memiliki kulit sendiri di atas Android, sehingga mereka dapat menyediakannya). Faktanya, kamu tidak dapat menonaktifkan modul jam dari layar kunci atau mengubah tata letak atau gayanya dari aplikasi Pengaturan.

Jam digital ukuran besar hadir secara native ke sistem Android 12 dan kamu hanya dapat mengubahnya menggunakan metode di bawah ini untuk mencegahnya muncul terus-menerus atau mengubah penampilannya.

Cara mengubah jam di Lock Screen Android 12

Karena kamu tidak dapat mengubah jam layar kunci di Android 12, kamu harus cukup melakukan sedikit penyesuaian untuk mengubah tampilan jam di perangkat Pixel kamu. Berikut beberapa cara caranya:

Metode #1: Simpan notifikasi yang belum dibaca

Jam digital di layar kunci dan layar AOD hanya berukuran besar saat tidak ada notifikasi di ponsel kamu. Saat segala jenis peringatan masuk, jam bergeser ke bagian kiri atas layar.

Alih-alih masing-masing baris untuk digit jam dan menit, jam di layar kunci sekarang akan menjadi urusan baris tunggal, menggantikan posisi asli elemen cuaca dan tanggal. Elemen-elemen ini sekarang akan terlihat di bawah modul jam yang lebih kecil dan akan diikuti oleh semua notifikasi yang ada di layar.

Untuk tampilan selalu aktif, tata letak jam akan mengikuti layar kunci dengan modul yang lebih kecil untuk menunjukkan waktu di sudut kiri atas diikuti oleh ikon aplikasi yang notifikasinya kamu dapatkan atau data lainnya.

Metode #2: Ubah aksen wallpaper kamu

Jika jam yang lebih besar di Layar Kunci bukan masalah kamu, tetapi warna yang digunakan adalah masalahnya, maka jangan khawatir, kamu sebenarnya dapat mengubah warna font modul jam di layar kunci dari layar Wallpaper & gaya di Android 12. Secara default , Android mengambil warna yang dianggapnya tepat berdasarkan wallpaper yang telah kamu terapkan di layar beranda/kunci kamu.

Berdasarkan berbagai warna yang ada di latar belakang ini, kamu dapat mengubah warna jam kamu dengan terlebih dahulu menekan lama pada Layar Beranda kamu dan memilih opsi ‘Wallpaper & gaya’.

dari sana, kamu dapat memilih opsi warna yang berbeda di bawah bagian ‘Warna wallpaper’ atau ‘Warna dasar’ di layar berikutnya untuk menerapkan warna jam pilihan kamu.

Metode # 3: Nonaktifkan Always-on Display(A0D)

Jika jam besar adalah yang paling mengganggu kamu, kamu dapat menonaktifkannya dari satu layar yang paling sering muncul – Tampilan Selalu Aktif. Dengan cara ini, kamu tidak akan terganggu oleh jam saat ponsel kamu tidak digunakan dan kamu hanya akan melihatnya saat kamu menekan tombol daya dan disambut oleh layar kunci.

Untuk menonaktifkan Tampilan Selalu Aktif di ponsel cerdas Pixel kamu, buka aplikasi Pengaturan dan pilih ‘Tampilan’.

Di layar berikutnya, ketuk opsi ‘Kunci layar’ di bawah ‘Kunci tampilan’.

kamu sekarang dapat menonaktifkan Tampilan Selalu Aktif di ponsel kamu dengan mematikan sakelar yang berdekatan dengan ‘Selalu tampilkan waktu dan info’.

Saat kamu menonaktifkan opsi ini, tampilan ponsel Pixel kamu akan mati sepenuhnya saat kamu menguncinya dengan tombol Daya.

Metode # 4: Nyalakan screen saver Android

Salah satu alternatif untuk menggunakan jam layar kunci adalah mengaktifkan screensaver di ponsel Pixel kamu. Namun, tidak seperti Layar Kunci biasa, kelemahan dari opsi ini adalah kamu harus mengaktifkan screen saver setiap kali kamu ingin melihatnya kecuali ponsel kamu dicolokkan untuk biaya. Di Android 12, jam screensaver mengambil inspirasi dari Material You dengan bentuk seperti boneka.

Untuk mengaktifkan screensaver ini, buka aplikasi Jam di perangkat Pixel kamu, ketuk ikon 3 titik di sudut kanan atas, dan pilih opsi ‘Screensaver’.

Screensaver sekarang akan muncul di layar. Jika kamu ingin mengonfigurasi tampilan jam ini, kamu dapat membuka Pengaturan > Tampilan > Penghemat layar dan memilih kapan kamu ingin jam ditampilkan, beralih antara jam analog dan digital, dan mengaktifkan mode Malam (untuk tampilan redup) .

Metode # 5: Aktifkan Pemberitahuan Persisten untuk aplikasi

Aspek desain Android 12 yang paling khas adalah membuat setiap elemen di ponsel kamu terlihat lebih besar dari sebelumnya. Jika kamu tidak menyukai jam berukuran besar di Layar Terkunci atau Layar Selalu Aktif, kami telah menyebutkan bahwa kamu dapat mengecilkannya ke tata letak yang lebih kecil jika kamu memiliki pemberitahuan tertunda atau belum dibaca di perangkat kamu. Namun, tidak mungkin untuk tidak mengakses notifikasi tertunda kamu untuk jangka waktu yang lebih lama. Tetapi jika kamu ingin gaya jam yang diperkecil muncul setiap saat, ada cara untuk melakukannya – dengan mengaktifkan notifikasi terus-menerus untuk salah satu aplikasi kamu.

Notifikasi terus-menerus atau berkelanjutan adalah peringatan yang tetap secara permanen di bayangan Notifikasi, Layar Terkunci, dan bahkan di Layar Selalu Aktif. Lansiran ini muncul untuk durasi yang lebih lama daripada pemberitahuan lainnya dan menunjukkan bahwa aplikasi menjalankan layanan latar depan di latar belakang. Karena pemberitahuan terus-menerus tidak dapat ditutup, mereka akan muncul di bayangan Pemberitahuan dan Layar Kunci perangkat Android kamu setiap saat, selama aplikasi berjalan.

Meskipun mungkin mengganggu bagi sebagian orang, kamu dapat menggunakan notifikasi terus-menerus untuk menampilkan jam yang lebih kecil di layar kunci dan AOD. Dengan cara ini, kamu dapat menghindari jam besar yang biasa kamu lihat saat tidak ada notifikasi tertunda di ponsel kamu. Karena tidak ada cara asli untuk melihat peringatan yang tidak dapat ditutup untuk aplikasi di Android 12, kamu harus mencari aplikasi yang menawarkan pemberitahuan terus-menerus.

Umumnya, aplikasi cuaca yang tersedia di Google Play Store adalah cara terbaik untuk menyimpan notifikasi terus-menerus di ponsel kamu. Beberapa aplikasi yang menawarkan notifikasi yang tidak dapat ditutup adalah The Weather Channel, AccuWeather, Yahoo Weather, dan Weawow. Karena ini adalah aplikasi cuaca, notifikasi yang tetap aktif akan berguna dan tetap diperbarui setiap saat.

Di salah satu aplikasi ini, kamu dapat mengaktifkan non-dismissible dengan membuka Pengaturan> Pemberitahuan dan mencari opsi yang mengatakan “persisten” atau “sedang berlangsung”. Dari sana, kamu dapat mengonfigurasi cara peringatan ini ditampilkan di layar kunci dan layar selalu aktif.

Ada juga beberapa aplikasi lain yang menawarkan peringatan yang tidak dapat ditutup seperti aplikasi Pemberitahuan Persisten ini yang juga dapat kamu gunakan untuk mengecilkan jam besar Android 12 ke ukuran yang lebih kecil. Jika kamu memeriksa ulasan aplikasi, kamu akan menemukan komentar dari beberapa pengguna yang mengungkapkan bahwa aplikasi tersebut membantu mereka menghindari jam besar sambil tetap menawarkan cara untuk melihat pengingat dan daftar tugas kamu.

Metode # 6: Ubah ukuran jam AOD menggunakan Tasker [Hanya untuk pengguna berpengalaman]

Jika kamu tidak menyukai opsi yang disebutkan di atas untuk mengubah Layar Kunci atau jam AOD kamu, ada satu cara lagi untuk mengubah cara kamu melihat waktu di layar ponsel kamu. Prosesnya melibatkan penggunaan aplikasi Tasker yang dikenal menyediakan berbagai tugas otomatis dan proyek Tasker khusus kepada pengguna. Dibuat oleh pengembang Tasker João Dias, kedua proyek ini memungkinkan kamu menerapkan dua tata letak jam yang berbeda pada Tampilan Selalu Aktif.

Tata letak itu sendiri tidak disesuaikan tetapi yang ditawarkan Google kepada pengguna Pixel di Android 12. Salah satu tata letak menunjukkan waktu saat ini dalam ukuran besar setiap saat, kecuali jika ada pemberitahuan yang tertunda. Saat kamu memiliki notifikasi yang belum dibaca di Pixel, Android akan beralih ke jam yang lebih kecil dan menampilkan ikon aplikasi tempat kamu memiliki peringatan. Secara default, Android beralih antara jam besar dan kecil tergantung pada apakah kamu memiliki notifikasi yang belum dibuka atau tidak.

Dengan proyek Tasker baru – Kekuatan Jam Besar dan Penghindar Jam Besar, kamu dapat memaksa mengaktifkan jam besar dan jam kecil masing-masing dan tata letak jam yang dipilih akan tetap aktif terlepas dari kondisi apa pun. Meskipun pilihan kamu terbatas, proyek Tasker memang menawarkan kamu kendali atas tata letak jam mana yang diterapkan pada layar AOD kamu.

Untuk mengubah tata letak jam AOD kamu di Android 12 menggunakan metode ini, kamu perlu mengunduh:

kamu dapat menerapkan profil Tasker dengan membuka tautan di atas dari perangkat Android kamu, lalu pilih ‘Impor’ dan konfirmasi lagi untuk menambahkannya ke aplikasi Tasker kamu. Saat profil ditambahkan ke Tasker, kamu dapat memilih tata letak jam pilihan kamu dengan mengetuk profil yang relevan di dalam ‘Profil’ dan kemudian mengaktifkan sakelar di dalam untuk menerapkannya.

Dengan cara ini, tata letak jam pilihan kamu akan tetap diaktifkan serta kamu menonaktifkannya atau memilih profil lain di dalam Tasker.

Itu saja yang perlu kamu ketahui tentang mengubah jam layar kunci di Android 12.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

close