Solusi Menabung dengan Untung Besar, Investasi Reksadana

Menabung adalah salah satu kegiatan yang sangat mengasyikkan karena dengan menabung, kita akan mendapatkan begitu banyak uang yang akan memberikan kita rasa kepuasan tersendiri. Salah satu cara menabung dengan untung besar, investasi reksadana. Apa itu reksadana? Apa saja keuntungan menabung dan berinvestasi dengan reksadana?

Pengertian Investasi Reksadana

Melakukan investasi sendiri adalah salah satu cara yang tepat untuk membangun masa depan dan hari tua yang jauh lebih baik. Tentunya dengan banyaknya pengeluaran setiap harinya membuat beberapa orang harus mampu untuk menekan pengeluaran dengan menabung maupun berinvestasi. Sebuah solusi yang tepat untuk dilakukan bagi pemula adalah belajar investasi reksadana.

Reksadana sendiri merupakan sebuah wadah yang digunakan untuk menampung sejumlah dana dari para pemodal yang kemudian akan diinvestasikan di dalam sebuah portofolio efek oleh Manajer Investasi. Nantinya Manajer Investasi yang didukung oleh tenaga profesional dalam pengelolaannya yaitu didukung oleh Komite Investasi dan juga Tim Pengelola Investasi.

Bagaimana Cara Memulai Investasi Reksadana?

Bagi beberapa orang bahkan para pemula, pastinya akan merasa kebingungan untuk memulai bagaimana cara melakukan investasi. Bagi Anda yang penasaran untuk mengetahui bagaimana cara menabung dengan untung besar, investasi reksadana, maka ketahuilah penjelasannya sebagai berikut ini:

Mulai Memilih Platform Investasi

Hal utama yang harus dilakukan adalah menentukan platform investasi. Di mana ada cukup banyak pilihan reksadana online yang bisa dipilih mulai dari Bareska.com, Ipotfund, bahkan marketplace pun sudah menyediakan untuk bisa berinvestasi seperti Bukapalak dan juga Tokopedia.

Memahami Beberapa Jenis Reksadana

Berinvestasi dengan memiliki reksadana pastinya membuat beberapa orang bingung karena mereka harus mengenal beberapa jenis reksadananya terlebih dahulu. Di mana ada beberapa jenis reksadana yang bisa dipilih seperti             reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran, reksadana campuran defensif, reksadana campuran berimbang, reksadana campuran dinamis, dan reksadana saham.

Menentukan Jangka Waktu Investasi

Melakukan investasi reksadana tentu menyediakan jangka waktu yang bervariasi. Ada yang kurang dari 1th, 1-3 tahun, 3-5 tahun, bahkan ada yang lebih dari 5 tahun.

Memastikan Reksadana yang Resmi

Anda juga wajib untuk memastikan bahwa reksadana yang akan dibeli dan dipilih adalah reksadana yang resmi. Di mana reksadana yang resmi wajib mendapatkan izin dari OJK. Beberapa ciri dari investasi bodong biasanya menawarkan sejumlah keuntungan investasi yang besar namun risiko yang akan didapatkan pun cukup besar.

Jadi, itulah penjelasan tentang salah satu tips menabung yaitu dengan melakukan investasi reksadana. Ada banyaknya kemudahan dalam dunia teknologi saat ini memang membantu banyak orang untuk mendapatkan berbagai informasi berinvestasi dengan begitu mudahnya. Pastikan untuk melakukan banyak analisis sebelum memulai investasi agar misi menabung dengan untung besar, investasi reksadana bisa tercapai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close