Cara Ampuh Reset Epson L130 L220 L310 L360 L365 + Aplikasi Resetter

Yang namanya barang elektronik yang terus dipakai pasti bakal terus menurun kualitasnya. Tidak ada bedanya dengan printer Epson L130 L220 L310 L360 L365 suatu saat akan berhenti berfungsi dan tidak bisa digunakan untuk mencetak lagi.

Printer Epson seri L365, L360, L310, L220, L130 ataupun seri lainnya, biasanya ketika sedang ada masalah atau error yang muncul, maka lampu indikator tinta / kertas pada printer akan berkedip secara bergantian / bersamaan sehingga menyebabkan printer tidak bisa digunakan atau tidak mau melakukan pencetakan.

Reset Epson L130 L220 L310 L360 L365

Pada artikel kali ini, kita akan membahas secara lengkap dan detail tentang bagaimana cara melakukan Reset Printer Epson L130, L220, L310, L360, L365 secara manual (tanpa aplikasi) dan otomatis menggunakan software Resetter Epson Adjustment Program / AdjProg.exe, plus link Downloadnya yang bisa kalian dapatkan Gratis.

Jenis – Jenis Error Pada Printer

Ada beberapa faktor yang menyebabkan lampu indikator pada printer terus berkedip, diantaranya karena tinta pada tabung hampir habis, cartridge kotor / tidak rapat / rusak, paper jam (terdapat kertas / kotoran di dalam roller}, cetakan kertas telah mencapai batas maksimal (over print), ink pad sudah penuh dan beberapa penyebab lainnya.

Selain diatas, di layar monitor akan muncul notifikasi peringatan. Seperti “it is time to reset the ink levels“, “it is nearly time to reset the ink levels“, “Ink waste is full“, “service required“, “Ink pad is at the end of its service live” atau pesan error lainnya.

Perbaikan Awal Pada Printer Epson

Ketika kamu menemukan printer epson yang tidak dapat melakukan cetakan yang ditandai dengan lampu indikator berkedip-kedip atau terdapat berbagai pesan error seperti yang dijelaskan sebelumnya, sebaiknya dilakukan pengecekan awal terlebih dahulu pada bagian-bagian yang mungkin menjadi penyebabnya. Diantaranya:

  1. Periksa tinta pada tabung printer, jika habis silahkan isi ulang.
  2. Periksa cartridge printer. Pastikan tidak ada kotoran yang menempel atau menghalangi dan lihat posisinya, apakah sudah terpasang dengan baik atau tidak.
  3. Pastikan juga tidak ada kertas terjepit (paper jam) di dalam roller printer.
  4. Lihat kabel yang menghubungkan antara printer dengan komputer. Pastikan telah terpasang dengan baik.

Tetapi, apabila hal-hal di atas sudah kamu lakukan tetapi printer masih belum berfungsi dengan baik, sebaiknya perlu dilakukan Reset Total. Tujuannya adalah untuk mereset semua data-data yang disimpan oleh Counter IC (EEPROM) yang ada pada printer. Misalnya mereset jumlah maksimal kertas yang telah dicetak menjadi nol (seperti baru), menormalkan kembali ink pad counter, mengembalikan pengaturan awal printer dan lain lain.

Untuk melakukan Reset, ada dua cara yang bisa dilakukan. Pertama Reset Manual Tanpa Aplikasi dan kedua Reset Otomatis Menggunakan Software Resetter Epson Adjustment Program. Kedua cara ini berfungsi dengan baik pada beberapa jenis printer Epson L-Series, diantaranya L130, L220, L310, L360 dan L365.

Cara Reset Manual Printer Epson L130 L220 L310 L360 L365

Salah satu langkah yang paling mudah, praktis dan cepat untuk mereset Epson L130/L220/L310/L360/L365 adalah dengan cara reset manual tanpa software apapun. Bagaimana cara melakukannya? berikut langkah-langkahnya.

  1. Cabut kabel power selama kurang lebih 3-5 menit.
  2. Nyalakan kembali dan tunggu hingga posisi printer menyala dengan sempurna.
  3. Berikutnya, tekan dan tahan tombol resume (logo tinta) selama 5 detik, lalu lepas.
  4. Tekan dan tahan tombol resume lagi selama 3 detik, setelah itu lepaskan.
  5. Sesaat setelah itu, printer dengan sendirinya akan melakukan proses reset dan tunggu hingga selesai.
  6. Apabila berhasil, maka lampu indikatornya tidak akan berkedip lagi dan siap untuk digunakan.

Namun jika reset manual di atas tidak berfungsi, coba lakukan reset otomatis dengan menggunakan software Resetter Epson Adjustment Program untuk L Series L130/L220/L310/L360/L365.

Cara Reset Otomatis Printer Epson L130 L220 L310 L360 L365

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa untuk melakukan Reset Otomatis, diperlukan sebuah software khusus, yakni Resetter Adjustment Program atau AdjProg. Aplikasi ini merupakan sebuah tool pembantu untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang sering dihadapi oleh printer Epson.

Resetter Epson memiliki banyak fungsi, yang selain dapat mereset semua data-data yang disimpan oleh Counter IC printer, seperti mereset jumlah maksimal dokumen yang telah tercetak, reset waste ink pad counter dan sebagainya juga dapat digunakan untuk keperluan maintenance / perawatan. Misalnya head cleaning, mengatur EEPROM dan lain sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

close