Keuntungan dan Cara Kerja Dari Investasi Reksadana

Banyak orang mulai memutuskan untuk menyisihkan sebagian uang agar bisa berinvetasi. Jenis investasi juga beragam seperti investasi saham, emas atau banyak perusahaan yang menyediakan tempat sehingga anda bisa berinvestasi dengan mudah dan aman.

Namun, anda tetap harus hati-hati agar tidak melakukan kesalahan. Investasi yang aman untuk dipilih adalah reksadana. Untuk mencapai tujuan finasial sesuai keinginan, anda harus banyak belajar investasi reksadana.

Keuntungan dan Cara Kerja Dari Investasi Reksadana

Reksadana dapat berupa kumpulan surat berharga, saham, obligasi, pasar uang yang kemudian akan dibantu oleh Manajer investasi. Investasi reksadana dapat dipilih oleh pemodal kecil atau yang tidak memiliki waktu untuk bisa melihat risiko dari investasi tersebut. Tidak hanya banyak pilihannya tetapi juga cara bayar investasi yang mudah. Anda bisa bayar reksadana melalui Ovo, gopay, atau transfer bank. Tergantung aplikasi atau platform digital apa yang anda pilih.

Jenis reksadana

Terdapat 3 jenis reksadana yang bisa anda ketahui:

  1. Reksadana pasar uang

Jenis reksadana pasar uang adalah jenis investasi dengan membeli instrumen dan tempo yang dibutuhkan hanya 1 tahun. Bentuk instrumen dapat berupa deposito, surat berharga pasar uang, sertifikat bank Indonesia dan jenis lainnya.

  1. Reksadana pendapatan tetap

Reksadana ini bentuknya adalah obligasi atau biasa dikenal dengan efek utang. Tujuan dari reksadana pendapatan tetap untuk mendapatkan tingkat pengembalian dana yang stabil tetapi risikonya cenderung lebih besar daripada jenis reksadana pasar uang.

  1. Reksadana saham

Jenis reksadana ini hampir sama dengan pendapatan tetap, anda bisa berinvestasi sekurangnya 80% dari aktiva. Tujuan reksadana sama agar bisa mendapatkan pertumbuhan harga unit dengan jangka waktu yang panjang. Level risikonya juga lebih tinggi dibandingkan 2 jenis reksadana sebelumnya.

  1. Reksadana campuran

Terakhir jenis reksadana yang dapat anda beli adalah reksadana campuran. Instrumennya juga berupa saham dan obligasi.

Bagaimana cara kerja investasi reksadana?

Sekarang anda bisa membeli reksadana di berbagai platform terpercaya yang sudah mendapatkan izin dan terdaftar di OJK. Sehingga anda akan lebih aman. Ketika anda sudah melakukan bayar reksadana di platform investasi, selanjutnya investasi akan langsung di proses.

Cara kerjanya Manajer investasi akan mengumpulkan dana dari para investor dan kemudian manajer investasi akan memberikan informasi berupa kinerja produk, portofolio efek dan asetnya.

Manajer investasi biasanya akan memotong biaya expense ratio dan akan langsung dibebankan ke nasabah.

Keuntungan dari investasi reksadana

Berikut keuntungan yang bisa anda dapatkan ketika anda melakukan investasi reksadana:

  1. Mendapatkan peluang keuntungan hingga 20% per tahunnya.
  2. Reksadana memberikan diversifikasi risiko dan dapat disebar ke berbagai macam instrumen.
  3. Memiliki manajer investasi.
  4. Bayar reksadana juga sangat mudah dan aman.
  5. Dapat dilakukan dengan online karena ada banyak platform yang menyediakan jenis reksadana online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close