Cara Mudah Hard Reset dan Factory Reset Samsung A21s

Jika kita semakin lama menggunakan hp maka akan semakin banyak kendala atau masalah yang timbul, contohnya hp mulai terasa lamban. Ketika itu semua terjadi maka solusinya adalah dengan melakukan Hard Reset dan Factory Reset Samsung A21s.

Kapan dibutuhkan Hard Reset atau Factory Reset? itu dibutuhkan ketika hp lupa password, lupa pola, bootloop, softbrick, touchscreen kurang sensitive, lemot/lelet, hang, bervirus/malware, unfortunately massage has stopped, error sayangnya aplikasi telah terhenti, sering restart sendiri, dll.

Hard Reset dan Factory Reset Samsung A21s

Berikut sudah kami buatkan panduan yang bisa kamu ikuti agar hp kamu kembali normal berasa seperti baru lagi.

Cara Hard Reset dan Factory Reset Samsung A21s

Baca Juga: Cara Terbaru Root Samsung Galaxy A21s Tanpa PC

1.  Cara Factory Reset Samsung A21s

Factory reset adalah mengembalikan posisi smartphone ke setingan pabrik (sama seperti saat pertama kali membeli smartphone baru). Factory Reset ini bisa dilakukan ketika hp masih bisa dioperasikan, tidak dalam keadaan bootloop, atau eror “Sayang, blablabla telah berhenti” yang selalu muncul.

  1. Pertama, buka pengaturan pada smartphone.
  2. Gulir kebawah lalu pilih Manajemen Umum.
  3. Selanjutnya pilih menu Reset.
  4. Maka akan muncul beberapa pilihan reset, silahkan disesuaikan dengan kebutuhan.
  5. Selesai.

Reset pengaturan: Ponsel akan direset ke pengaturan default kecuali pengaturan kemanan, bahasa, dan akun. Semua kustomisasi yang di lakukan di ponsel, seperti pengaturan nada dering dan jangan ganggu akan kembali normal seperti hp baru. Data pribadi dan pengaturan aplikasi yang didownload tidak akan terpengaruh. Kontak, SMS, dokumen, dll tidak akan hilang.

Reset pengaturan jaringan: Ponsel akan direset semua pengaturan jaringan, termasuk pengaturan Wi-Fi, Data seluler, Bluetooth. Kontak, SMS, dokumen, dll tidak akan hilang.

Reset pengaturan aksesibilitas: Disini semua pengaturan aksesibilitas akan direset ke pengaturan awal. Seperti pengaturan keyboard dan ukuran font. Kontak, SMS, dokumen, dll tidak akan hilang.

Reset data pabrik: Semua data kan dihapus dari ponsel termasuk akun google, data sistem dan aplikasi, pengaturan, aplikasi unduhan, musik, gambar, kontak, data pribadi lainnya. Pilihan ini cocok jika dampaknya sudah cukup parah.

2. Cara Hard Reset Samsung A21s

Hard reset adalah mengembalikan posisi smartphone ke setingan pabrik, sama seperti di atas. Dengan melakukan hard reset, otomatis semua data akan hilang sama seperti factory reset di atas. Hanya saja, biasanya hard reset dilakukan jika kita tidak bisa mengakses smartphone lagi.

  1. Pertama, matikan smartphone sampai bergetar.
  2. Selanjutnya tekan dan tahan tombol Volume Atas + Power secara bersamaan.
  3. Jika sudah muncul logo SAMSUNG, lepaskan semua tombol.
  4. Pilih Wipe data/factory reset menggunakan tombol volume dan pencet tombol power untuk OK.
  5. Lalu pilih Yes, untuk memulai proses Hard Reset.
  6. Terakhir pilih Reboot system now dan tekan tombol power untuk OK.
  7. Selesai

Mungkin itu saja artikel kali ini tentang Cara Mudah Hard Reset dan Factory Reset Samsung A21s. Semoga smartphone kesayangan kamu akan kembali normal seperti saat beli baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close