Cara Menjual NFT di OpenSea Dengan Untung Besar

OpenSea bukan hanya marketplace NFT terbesar yang ada saat ini, tetapi juga yang paling mudah diakses. Itu salah satu alasan mengapa OpenSea memiliki total transaksi hingga $13,25 miliar, yang mana jauh lebih banyak daripada marketplace NFT lainnya.

Baik kamu baru mengenal dunia NFT ataupun sudah mempunyai pengalaman, OpenSea selalu menjadi tempat yang baik untuk dituju. Marketplace adalah rumah bagi semua jenis NFT, mulai dari koleksi digital hingga karya seni dan GIF, item dalam game, video, nama domain, dunia virtual, dan banyak lagi. Jadi kamu memiliki banyak pilihan untuk dijual.

Cara Menjual NFT di OpenSea

Salah satu alasan OpenSea menjadi favorit adalah karena langkah-langkah yang diambilnya untuk membuat marketplace semurah mungkin atau bisa jadi free biaya admin.

OpenSea juga merupakan platform yang bagus untuk menjual NFT kamu karena banyak blockchain yang mendukung. Di OpenSea, kamu bisa menjual NFT di blockchain Ethereum, Polygon, atau Klatyn. Alternatif untuk Ethereum menawarkan opsi yang bagus untuk penjual yang tidak ingin membayar biaya fee atau mencari alternatif audiens.

Tetapi bahkan jika kamu ingin menjual NFT di blockchain Ethereum, OpenSea umumnya merupakan pilihan pertama untuk aksesibilitas. Tentu saja, ini mungkin tidak menarik kolektor kelas atas yang lebih menyukai eksklusivitas pasar yang dikurasi. Namun, itu juga merupakan tempat di mana bahkan para selebritis berpaling; contoh terbaru adalah penyanyi The Weekend yang mempunyai koleksi NFT yang dilelang di platform pada saat penulisan ini.

Cara Menjual NFT di OpenSea

Sekarang, dalam hal menjual NFT di OpenSea, ada dua cara yang harus dilakukan. Kamu juga berencana untuk menjual NFT yang sudah Kamu miliki. Ini bisa berupa NFT yang Kamu beli sebelumnya atau mungkin Kamu mencetak NFT di tempat lain tetapi tidak menjualnya. Dalam kedua kasus, Kamu memiliki NFT di wallet Kamu dan Kamu dapat menjualnya.

Kasus lainnya adalah Kamu ingin membuat dan menjual NFT di OpenSea. Kami akan membahas semua contoh.

Selain itu, keberadaan beberapa blockchain di OpenSea menghadirkan pilihan lain: di blockchain mana Kamu ingin menjual NFT kamu.

Meskipun Ethereum adalah blockchain paling populer untuk perdagangan NFT, biaya admin yang terkait dengan blockchain sering menjadi alasan untuk mencari alternatif. Tetapi ada faktor lain juga dalam hal memilih blockchain yang cocok untuk kamu. Jadi, ingatlah itu saat Kamu mencetak NFT di OpenSea karena mendukung banyak blockchain. Dalam panduan ini, kami akan membahas cara membuat dan menjual NFT di blockchain paling populer untuk mereka, yaitu Ethereum.

Cara Menjual NFT di Blockchain Ethereum di OpenSea

Sebelum Kamu dapat menjual NFT di OpenSea, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Untuk menjual atau membuat NFT, Kamu memerlukan dana. Di blockchain Ethereum, Kamu perlu membayar biaya admin apakah Kamu ingin menjual, membeli, atau mencetak NFT. Biaya admin digunakan untuk menutupi biaya pelaksanaan transaksi di blockchain.

Untuk membayar biaya admin, Kamu memerlukan cryptocurrency asli dari blockchain, yaitu Ether (ETH). Kamu dapat membeli Eter dari pertukaran mata uang digital seperti Binance atau Coinbase. Kamu juga dapat menambahkan dana dari OpenSea sendiri yang menghubungkan Kamu ke bursa untuk membeli ETH. Beberapa wallet juga memungkinkan Kamu membeli ETH langsung dari mereka, yang juga membawa kita ke masalah lain.
Dompet adalah persyaratan lain untuk menjual NFT di OpenSea. Dompet kripto perangkat lunak adalah pilihan termudah untuk memperdagangkan NFT tetapi Kamu juga dapat menggunakan wallet perangkat keras yang paling aman. Jika Kamu sudah memiliki wallet Ethereum, Kamu dapat menghubungkannya ke OpenSea. OpenSea mendukung sebagian besar wallet Ethereum yang meliputi:

  • MetaMask/ MetaMask Seluler
  • Coinbase
  • Formatik / Sihir
  • TrustWallet
  • Portis
  • Arkane
  • Authereum
  • bitski
  • Rapi
  • Kaikas
  • OperaTouch
  • Torus, dan
  • WalletConnect

Jika Kamu tidak memiliki wallet, Kamu dapat membuatnya di salah satu wallet ini. Sebaiknya, pilih wallet yang menawarkan otentikasi dua langkah dan aktifkan untuk wallet Kamu untuk keamanan tambahan. Untuk panduan ini, kami akan menjelaskan bagaimana Kamu dapat membuat wallet MetaMask.

Terakhir, Kamu harus membuat akun di OpenSea, yang semudah menghubungkan wallet Kamu ke pasar. Jika wallet Kamu sudah terhubung ke OpenSea, Kamu dapat melewati dua langkah berikutnya dan langsung ke langkah yang menjelaskan cara menjual NFT di OpenSea.

Cara Membuat Wallet di MetaMask

MetaMask memiliki ekstensi browser serta aplikasi seluler untuk Android dan Apple. Buka metamask.io dan klik tombol ‘Download now’.

Cara Menjual NFT di OpenSea

Kemudian, klik opsi ‘Instal Metamask for Chrome’.

Cara Menjual NFT di OpenSea

Halaman Chrome untuk ekstensi akan terbuka. Klik tombol ‘Tambahkan ke Chrome’.

Cara Menjual NFT di OpenSea

Prompt konfirmasi akan muncul. Klik tombol ‘Tambahkan ekstensi’.

Cara Menjual NFT di OpenSea

Ekstensi akan dipasang di browser dan tampilan diperpanjangnya akan terbuka.

Klik tombol ‘Get Started’.

Cara Menjual NFT di OpenSea

Kemudian, klik opsi ‘Create a Wallet’.

Cara Menjual NFT di OpenSea

Kebijakan privasi akan muncul. Klik tombol ‘I Agree’.

Cara Menjual NFT di OpenSea

Buat kata sandi yang kuat untuk wallet kamu, dan klik tombol ‘Create’.

Cara Menjual NFT di OpenSea

MetaMask akan memberi Kamu frasa cadangan rahasia 12 kata. Frase awal ini adalah hal terpenting yang perlu Kamu ingat tentang wallet kamu, jauh lebih penting daripada kata sandi kamu. Jika Kamu pernah lupa kata sandi dan tidak memiliki akses ke frase awal, Kamu tidak akan dapat mengakses wallet kamu.

Bahkan tim di MetaMask tidak akan dapat membantu kamu. Tanpa frase, semua isi wallet kamu, token dan NFT apa pun akan hilang selamanya. Tim MetaMask menyarankan untuk menuliskannya di atas kertas dan menyimpannya di tempat yang aman, seperti brankas. Kamu juga dapat mencatat frasa di lebih dari satu tempat untuk lebih yakin, tetapi simpan semua salinan dengan aman. Dan jangan pernah membagikan frase benih Kamu dengan siapa pun dalam keadaan apa pun.

Setelah Kamu mencatat frase awal, selesaikan sisa langkah yang terkait dengannya di layar kamu. Dan voila! Dompet Kamu akan dibuat.

kamu dapat menambahkan ETH ke wallet MetaMask Kamu menggunakan kartu kredit/debit (tergantung ketersediaan di wilayah kamu) atau mentransfernya dari bursa dengan menggunakan opsi ‘Beli’ langsung yang ditawarkannya.

Cara Hubungkan Wallet ke OpenSea

kamu perlu menghubungkan wallet Kamu ke OpenSea dan membuat akun untuk menjual NFT di pasar.

Kunjungi website opensea.io dan buka opsi ‘Profil’ di sudut kanan atas jendela dan pilih ‘Profil’ dari menu.

Cara Menjual NFT di OpenSea

Layar untuk menghubungkan wallet Kamu akan muncul. Klik opsi untuk wallet kamu. Klik ‘Tampilkan Opsi Lainnya’ jika Kamu tidak segera melihat opsi untuk wallet kamu. Untuk panduan ini, kami akan memilih ‘MetaMask’.

Cara Menjual NFT di OpenSea

Di sisi kanan layar, sebuah jendela kecil untuk ‘MetaMask’ akan terbuka. Opsi untuk akun Kamu harus dipilih secara otomatis. Tetapi jika tidak, klik kotak centang lalu klik ‘Next’.

Cara Menjual NFT di OpenSea

Permintaan izin akan muncul meminta Kamu untuk mengizinkan OpenSea melihat alamat wallet kamu. Klik ‘Connect’ untuk melanjutkan.

Cara Menjual NFT di OpenSea

Dompet akan terhubung, dan akun Kamu akan dibuat di OpenSea dengan nama default ‘Tanpa Nama’. Kamu dapat membiarkannya apa adanya dan pengguna lain di pasar hanya akan dapat mengidentifikasi Kamu menggunakan alamat wallet kamu. Atau Kamu dapat mempersonalisasi profil Kamu dan menambahkan nama pengguna, bio, alamat email, dll.

Klik ikon ‘Setting’ untuk mengubah pengaturan profil kamu.

Cara Menjual NFT di OpenSea

Prompt keamanan tambahan dari MetaMask (atau wallet kamu) akan muncul. Klik tombol ‘Sign’ di jendela di sebelah kanan untuk menyetujui.

Cara Menjual NFT di OpenSea

Layar untuk pengaturan profil akan muncul di mana Kamu dapat menambahkan gambar profil, spanduk, nama pengguna, bio, alamat email, dan pegangan media sosial atau alamat situs web juga. Masukkan informasi yang diinginkan dan klik tombol ‘Save’.

Cara Menjual NFT di OpenSea

kamu siap untuk menjual NFT Kamu di OpenSea sekarang!

Cara Membuat NFT di Ethereum di OpenSea

Jika kamu seorang kreator dan ingin membuat dan menjual NFT kamu di OpenSea, membuat NFT di platform ini sangat mudah. Sebelum membuat NFT pertama kamu, buat koleksi di mana NFT akan menjadi bagiannya.

Buka ikon ‘Profil’ kamu di sudut kanan atas dan klik ‘My Collections’ dari menu.

Cara Menjual NFT di OpenSea

Kemudian, klik opsi ‘Create a Collectioni’.

Cara Menjual NFT di OpenSea

Di sini, tambahkan informasi untuk koleksi seperti gambar logo, banner atau gambar unggulan, nama, deskripsi, kategori, dll.

Cara Menjual NFT di OpenSea

Juga, tambahkan persentase royalti yang ingin kamu peroleh untuk NFT dalam koleksi ini. persentase maksimum di OpenSea adalah 10%. Klik ‘Create’ untuk membuat koleksi.

Cara Menjual NFT di OpenSea

Sekarang, kita sudah selesai dengan jalan memutar. Mari kita akhirnya membuat NFT di OpenSea. Klik tombol ‘Create’ di sudut kanan atas.

Cara Menjual NFT di OpenSea

Halaman untuk membuat NFT akan terbuka. Unggah file yang ingin kamu cetak sebagai NFT. OpenSea mendukung berbagai jenis dan format file. kamu dapat mengubah gambar, video, audio, atau bahkan model 3D menjadi NFT. Ukuran maksimum untuk file adalah 100 MB.

Cara Menjual NFT di OpenSea

Masukkan judul dan detail opsional lainnya seperti deskripsi atau tautan eksternal ke formulir. Deskripsi dapat membantu pembeli kamu memahami NFT kamu dengan lebih baik, jadi meskipun bidang tersebut tidak wajib diisi, selalu pertimbangkan untuk mengisinya.

Gulir ke bawah lebih jauh dan kamu akan dapat menyesuaikan NFT kamu lebih jauh. Jika kamu ingin NFT menjadi bagian dari koleksi, pilih salah satu dari menu tarik-turun. Jika kamu belum memiliki koleksi, kamu dapat membuatnya dari ‘Koleksi Saya’ seperti yang dijelaskan di atas. kamu juga dapat mengatur persentase royalti saat membuat koleksi, jadi penting untuk membuatnya jika kamu ingin royalti untuk dijual kembali.

kamu juga dapat menambahkan informasi lain di bidang seperti Properties, Levels, dan Stats. Informasi ini memungkinkan pembeli untuk menyaring pekerjaan kamu dengan lebih baik, jadi tambahkan informasi yang relevan. Contoh properti dapat berupa ‘Tahun pembuatan – 2022’.

Cara Menjual NFT di OpenSea

kamu juga dapat menambahkan ‘Konten yang Tidak Dapat Dikunci’ dengan mengaktifkan sakelar untuk hal yang sama. Konten yang tidak dapat dibuka adalah konten yang kamu ingin agar pembeli memiliki akses saat mereka membeli NFT. Itu bisa berupa konten bonus atau konten yang diperlukan. Itu bisa berupa PDF novel yang menyertai NFT yang merupakan GIF dari halaman novel; ya, itu pernah terjadi sebelumnya. Atau bisa juga hal-hal seperti gambar beresolusi tinggi, atau informasi kontak untuk menukarkan item fisik, dll.

Saat ini, kamu tidak dapat langsung membuat banyak salinan NFT di OpenSea. Jika kamu pergi ke bidang Pasokan, itu akan menunjukkan ‘1’ dan bidang itu tidak dapat diedit. Jika kamu benar-benar ingin mengedit bidang suplai, buka URL halaman di bilah alamat dan tambahkan ?enable_supply=true di bagian akhir dan muat ulang halaman. Bidang persediaan akan dapat diedit. Tetapi kamu harus menambahkan semua informasi tentang NFT kamu lagi.

Lebih penting lagi, jika kamu mengedit persediaan, kamu harus mengatur jumlah daftar penjualan yang sama untuk NFT. Jadi, jika kamu mengubah nomornya menjadi, katakanlah 100, kamu perlu menyiapkan 100 daftar penjualan yang berbeda untuk NFT yang sama karena saat ini tidak mungkin mencantumkan beberapa NFT sekaligus di OpenSea. Juga tidak mungkin membiarkan pembeli memilih berapa banyak salinan yang mereka inginkan. Jadi, kamu harus membuat daftar item satu per satu.

Blockchain sudah dipilih sebagai Ethereum, jadi kami akan membiarkannya.

Terakhir, klik tombol ‘Create’ untuk membuat NFT. NFT akan terdaftar di profil kamu dari mana kamu dapat menjualnya.

Cara Menjual NFT di OpenSea

Biaya Publikasi untuk NFT

OpenSea lazy mencetak NFT secara default. Pencetakan malas berarti bahwa ketika kamu membuat NFT, itu tidak ditransfer ke blockchain secara otomatis. Sebaliknya, ketika seseorang membeli NFT kamu, barulah NFT tersebut dicetak. Karena biaya admin hanya terjadi ketika transaksi terjadi di blockchain, ini akan menyelamatkan kamu dari membayar biaya admin hingga NFT kamu terjual.

Secara realistis, sebagian besar NFT tidak pernah dijual sehingga pembuat konten sering kali merugi karena biaya bahan bakar yang dibayarkan, yang saat ini terlalu tinggi. OpenSea memisahkan penerbitan NFT on-chain dari metadata untuk pencetakan malas itu.

kamu akan melihat ada juga opsi untuk ‘Membekukan Metadata’. Jika kamu membekukan metadata, kamu harus membayar biaya admin. kamu hanya dapat membekukan metadata setelah membuat NFT.

Jadi, ketika kamu menekan tombol ‘Buat’ pada NFT kamu, NFT akan muncul di profil OpenSea kamu, tetapi itu belum sepenuhnya NFT.

Ketika aset tersebut dijual dan akhirnya dicetak di blockchain, baru kemudian aset tersebut menjadi NFT dalam arti kata yang sebenarnya. Oleh karena itu, ini tidak akan tersedia di platform lain karena belum benar-benar NFT. Setelah kamu menjual atau mentransfer aset, itu akan menjadi NFT.

Cara Menjual NFT di Ethereum

Baik kamu membuat NFT di OpenSea atau ingin menjual NFT yang kamu beli sebelumnya, prosesnya sama untuk keduanya. Untuk menjual NFT, klik ikon ‘Profil’ di kanan atas halaman beranda OpenSea dan pilih ‘Profil’ dari menu.

Cara Menjual NFT di OpenSea

Gambar ini memiliki atribut alt kosong; nama filenya adalah allthings.how-how-to-sell-nfts-on-opensea-image.png
Profil kamu akan mencantumkan NFT yang kamu miliki di wallet kamu atau yang kamu buat di OpenSea. Klik NFT yang ingin kamu jual.

Halaman aset publik untuk NFT akan terbuka. Klik tombol ‘Sell’ di sudut kanan atas.

Cara Menjual NFT di OpenSea

Halaman daftar untuk NFT akan terbuka. Isi rincian seperti harga dan jenis penjualan untuk NFT. kamu dapat menjual barang tersebut dengan harga tetap atau melakukan pelelangan berjangka waktu. kamu juga harus memilih durasi listing.

Cara Menjual NFT di OpenSea

Untuk daftar harga tetap, maksimum kamu dapat mencantumkan NFT adalah 6 bulan.

Untuk lelang berjangka waktu, durasi maksimum untuk listing bisa 3 minggu. Di OpenSea, lelang berjangka waktu dapat terdiri dari dua jenis:

  • Jual ke penawar tertinggi (alias Lelang Bahasa Inggris): Dalam jenis lelang ini, kamu memilih harga awal dan pembeli dapat menawarnya. Di akhir lelang, jika tawaran tertinggi lebih dari 1 ETH, OpenSea akan secara otomatis menyelesaikan transaksi dan juga menanggung biaya admin untuk itu. Jika tawaran tertinggi kurang dari 1 ETH, maka terserah penjual untuk menerima tawaran tersebut. kamu tidak berkewajiban untuk menerima tawaran tersebut, tetapi jika kamu melakukannya, kamu harus membayar sendiri biaya bahan bakarnya.
  • Jual dengan harga menurun (alias Lelang Belanda): Yang ini sangat mirip dengan menjual dengan harga tetap, tetapi sebaliknya, harganya turun seiring waktu. Pembeli dapat membeli kapan saja pada harga yang tercantum atau membuat penawaran yang mereka inginkan lebih rendah dari harga yang tercantum. kamu mulai dengan harga awal, katakanlah 2 WETH, tetapi cantumkan harga akhir di mana harga akan turun dari waktu ke waktu, katakanlah 1 WETH setelah 3 hari.

Kemudian, putuskan apakah kamu ingin menyertakan NFT dalam bundel tertentu. Jika kamu menjual kembali NFT dan pemiliknya telah menyiapkan royalti, kamu akan melihatnya di bagian ‘Royalti Pembuat’ di bawah biaya potensial. Untuk NFT yang dijual di OpenSea, royalti 10% adalah yang tertinggi yang dapat dikenakan. OpenSea juga membebankan biaya layanan 2,5% pada transaksi kamu yang tidak akan dikenakan biaya selama listing tetapi saat penjualan berlangsung.

Setelah kamu mengisi dan memeriksa semua detail, tekan ‘Post Your Listing’.

Menyelesaikan Penjualan

Sekarang, saat kamu menjual di OpenSea untuk pertama kalinya, ada tindakan tambahan dan biaya admin terkait.

Penjual pertama kali perlu menginisialisasi wallet mereka di mana kamu harus membayar biaya bensin. Setelah kamu selesai mengisi detail dan melangkah lebih jauh, kamu akan mendapatkan permintaan inisialisasi di wallet kamu.

Cara Menjual NFT di OpenSea

Untuk menginisialisasi wallet, bayar biaya admin dari wallet kamu. kamu harus memiliki cukup ETH di wallet kamu untuk menutupi biaya admin.

Kemudian, jika NFT yang ingin kamu daftarkan untuk dijual tidak dicetak di OpenSea tetapi melalui kontrak khusus, kamu harus menyetujui item untuk dijual. Persetujuan tersebut memungkinkan OpenSea untuk mengakses NFT kamu (dan NFT lainnya dalam koleksi) dan memperdagangkannya atas nama kamu. kamu harus membayar biaya bensin dari wallet kamu lagi dan menandatangani transaksi. kamu tidak perlu membayar biaya admin persetujuan untuk NFT yang dicetak di OpenSea.

Cara Menjual NFT di OpenSea

Tetapi kedua tagihan ini tidak berulang. Tagihan pertama hanya harus dibayar sekali, sedangkan tagihan lainnya harus dibayar sekali untuk koleksi NFT yang tidak dicetak di OpenSea.

Selain itu, jika kamu menjual item dalam pelelangan berjangka waktu dan ini adalah lelang pertama kamu, kamu juga harus menyetujui WETH untuk perdagangan yang memerlukan pembayaran biaya admin yang kecil lagi.

Setelah semua tindakan selesai dan kamu mengonfirmasi daftar NFT dengan masuk dari wallet kamu, NFT kamu akan terdaftar dan kamu akan mendapatkan pop-up konfirmasi.

Cara Menjual NFT di OpenSea

Biaya Admin di OpenSea

Biaya admin sangat membingungkan secara umum, dan kami menyadari itu bahkan lebih membingungkan di OpenSea. Meskipun OpenSea mencoba mencapai daftar bebas biaya admin, itu tidak sepenuhnya bebas biaya. Berikut adalah ringkasan untuk menjaga hal-hal sedikit jelas tentang kapan kamu harus membayar biaya admin dan kapan tidak.

  • Untuk penjualan harga tetap: Pembeli membayar biaya admin
  • Untuk pelelangan berjangka waktu: Penjual membayar biaya bahan bakar saat menerima tawaran. Meskipun saat ini, OpenSea membayar biaya admin untuk Lelang Bahasa Inggris.
  • Biaya Satu Kali: kamu akan membayar biaya satu kali untuk tindakan ini.
    • Penjual pertama kali membayar inisialisasi wallet
    • Dibayar untuk token atau persetujuan kontrak, yaitu, saat menyetujui WETH, atau mata uang lain seperti USDC dan DAI serta saat menyetujui pengumpulan NFT yang tidak dicetak di OpenSea
  • Biaya Berulang: kamu harus membayar biaya admin di Ethereum untuk tindakan ini.
    • Menerima tawaran
    • Membatalkan NFT yang terdaftar
    • Membatalkan tawaran
    • Mentransfer atau memberikan NFT kamu kepada seseorang
  • Tindakan Bebas Admin:
    • Malas mencetak NFT
    • Mencantumkan NFT sebagai harga tetap
    • Mencantumkan NFT sebagai lelang
    • Mengurangi harga NFT yang kamu daftarkan
    • Membuat koleksi

Kesimpulan

Membuat dan menjual NFT di OpenSea bisa tampak seperti tugas yang menakutkan pada pandangan pertama. Tetapi begitu kamu menguasainya, kamu akan menjelajahi dunia terdesentralisasi yang mencetak NFT ke kiri dan ke kanan dalam waktu singkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close