Apa Itu Trading DAX30 Beserta Tips Sukses di FBS

Apa Itu Trading DAX30 – Dalam kondisi pasar yang kurang stabil, tentu pasti akan cenderung lebih menaruh perhatian pada dinamika S&P dan NASDAQ untuk mengetahui gambaran yang menyeluruh tentang situasi di pasar saham.

Tapi, kita terkadang lupa bahwa kedua indeks itu hanya menggambarkan kinerja dari ekuitas Amerika. Jadi, untuk mengevaluasi pasar negara tertentu dan memanfaatkan keuntungan dari berita-berita regional, kita harus mempertimbangkan indeks pasar domestik.

Apa Itu Trading DAX30

Indeks-indeks tersebut terdiri atas perusahaan-perusahaan dengan nilai kapitalisasi terbesar di negara terkait.

Sebagai contoh, barometer utama dari kondisi ekonomi di Jerman adalah DAX30, yang mana menjejaki 30 perusahaan terbesar yang diperdagangkan di Bursa Efek Frankfurt (FSE).

Trader menggemari indeks ini karena berbagai alasan. Salah satunya tentu saja karena status ekonomi – Jerman adalah negara dengan ekonomi terkuat di kawasan Eropa. Jadi, indeks ini memperhitungkan situasi di kawasan Eropa maupun di Jerman.

Apa Itu Trading DAX30

Deutscher Aktien Index (DAX) mewakili 30 perusahaan terbesar dengan likuiditas tertinggi. Keberhasilan perusahaan-perusahaan tersebut sulit untuk diabaikan mengingat mereka telah menunjukkan hasilnya melalui “Keajaiban Ekonomi Jerman” – kelahiran kembali ekonomi Jerman pasca-Perang Dunia II.

Perusahaan-perusahaan tersebut merupakan perusahaan multinasional dan bergerak di berbagai bidang industri, mulai dari farmasi hingga otomotif dan jasa keuangan. Pernahkah Anda mendengar nama-nama seperti Adidas, BMW, Siemens, atau Volkswagen? Ya, mereka adalah bagian dari 30 perusahan raksasa yang tergabung dalam DAX.

Persyaratan yang dimiliki perusahaan agar bisa bergabung dalam DAX30

Ada beberapa persyaratan wajib agar dapat masuk dalam daftar DAX.

  • Pertama, harus beroperasi minimal 3 tahun sejak IPO-nya.
  • 15% dari kapitalisasi pasar masing-masing perusahaan harus diperdagangkan secara publik.
  • Harus menghasilkan pendapatan atau memiliki kantor pusat di Jerman.

Indeks ini merupakan tertimbang kapitalisasi, yaitu perusahaan-perusahaan dengan kapitalisasi pasar terbesar dan paling memengaruhi indeks.

Penghitungannya didasarkan pada metode free-float, yakni yang hanya memperhitungkan jumlah saham yang tersedia. Jadi, metode ini mengesampingkan ekuitas yang tidak dapat dibeli atau dijual.

Cara memperdagangkan DAX30

Yang pasti tidak mungkin membeli atau menjual indeks yang sebenarnya. Sebagai gantinya, Anda bisa memanfaatkan pergerakannya melalui trading kontrak berjangka CFD.

CFD adalah instrumen keuangan yang disediakan oleh broker, yang memberi Anda peluang besar untuk trading pada perubahan indeks dengan menggunakan leverage. Bersama FBS, Anda bisa memperdagangkan DAX30 serta beberapa indeks lainnya di MetaTrader 4 dan MetaTrader 5.

Apa Itu Trading DAX30

Setelah Anda menginstal platform, lihat pada sisi kirinya yang menampilkan semua daftar aset. Ini adalah jendela “Market Watch”. Biasanya, tidak semua instrumen trading dapat dilihat langsung saat pertama kali menjalankan platform.

Klik kanan pada jendela “Market Watch” untuk melihat pilihan lain yang tersedia, salah satunya adalah “Show All”. Setelah itu, Anda bisa melihat kontrak berjangka CFD dengan berbagai huruf dan angka. Kombinasi huruf dan angka tersebut adalah informasi mengenai tanggal jatuh tempo.

Misalnya, untuk kontrak trading yang berakhir pada Juni 2020, Anda perlu memilih kontrak DAX30-20M.

Apa Itu Trading DAX30

Durasi trading untuk DAX30

FBS memungkinkan Anda untuk trading DAX30 mulai dari pukul 03:15 sampai 22:55 waktu MT (MetaTrader).

Pemberitahuan penting: indeks dapat membentuk gap besar setelah pembukaan trading akibat banyaknya jumlah order yang terakumulasi selama penutupan pasar. Di samping itu, volatilitasnya meningkat selama jam kerja Bursa Efek Frankfurt (09:00-21:00 waktu MT).

Apa saja yang menggerakkan DAX30

Jika Anda mempertimbangkan DAX30 sebagai salah satu lahan investasi potensial Anda, maka Anda wajib mengetahui hal-hal yang menggerakkannya.

  1. Pertama, tentu saja adalah sentimen risiko. Indeks bereaksi sangat sensitif terhadap berbagai peristiwa di pasar global. Jika peristiwa yang meresahkan terjadi (misalnya, kasus global COVID-19), pasar akan terkena aksi penghindaran risiko (risk-off). Sebagai dampaknya, indeks saham bergerak turun. Sebaliknya, sentimen risk-on akan mendorong indeks naik.
  2. Penggerak kedua untuk indeks berhubungan dengan dinamika saham-saham perusahaan yang memiliki kapitalisasi terbesar. Misalnya, berita yang mengabarkan bahwa perusahaan penerbangan Jerman Lufthansa akan menerima bailout 9 miliar euro dari pemerintah Jerman, dapat meningkatkan optimisme pada bulls DAX30.
  3. Kondisi ekonomi suatu negara asal indeks merupakan penentu ketiga dari harganya. Untuk DAX30, kita harus memperhatikan data-data ekonomi Jerman dan kawasan Eropa. Berita mengenai kebijakan stimulus dari pemerintah Jerman dan Bank Sentral Eropa, IMP dan neraca perdagangan yang positif jelas akan meningkatkan permintaan akan ekuitas Jerman.
  4. Yang terakhir dan tidak kalah pentingnya yaitu berita pasar lokal dari berbagai sumber Jerman.

Bagaimana kinerja DAX30 pada Juni 2020?

Setelah sempat terperosok ke level di bawah 8.200 pada Maret 2020, indeks Jerman menunjukkan performa yang cukup mengesankan. Sentimen risiko yang positif di pasar global akibat langkah kebijakan pelonggaran lockdown dan stimulus dari pemerintah Jerman menghasilkan pemulihan dengan bentuk V dari DAX30.

Sejak akhir bulan Maret, indeks ini bergerak sangat tajam, dan akhirnya membentuk kanal naik (ascending channel). Awal bulan Juni sangat positif bagi DAX30 karena harga telah melintasi level 12.000 dan nyaris menyentuh resistance di $12.500.

Peluang yang bagus bagi para pelaku beli muncul jika harga berhasil menembus level tersebut. Jika hal itu terjadi, indeks dapat berlanjut naik hingga setinggi 13.000. Stochastic oscillator dan RSI bisa overheat, sehingga berpotensi terjadi koreksi jangka pendek ke level 12.000.

Para pelaku jual akan aktif setelah level 11.900-12.000 ditembus, dan target potensial mereka akan berada di 11.600.

Apa Itu Trading DAX30

Baiklah mungkin itu saja artikel kali ini tentang Apa Itu Trading DAX30 Beserta Tips Sukses. Jika ingin request artikel atau memberikan saran & kritik silahkan hubungi admin di Contact Me. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar, dan jangan lupa like fanspage Facebook dikatekno.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close